Home Film Mengenang Advent Bangun: Karate, Film, Kemudian Gereja

Mengenang Advent Bangun: Karate, Film, Kemudian Gereja

11
0
SHARE


Jakarta, CNN Indonesia — Dunia perfilman Indonesia kembali berduka. Aktor laga Advent Bangun tutup usia pada Sabtu (10/2) di Rumah Sakit Umum Fatmawati di usia 65 tahun.

Terlahir dengan nama lengkap Yohannes Thomas Advent Perangin-angin Bangun pada 12 Oktober 1952 silam, Advent merupakan aktor laga yang meramaikan layar lebar melalui aktingnya pada era 80an.

Terkenal dengan peran ‘jagoan’ di semua filmnya, Advent sebelumnya sempat menjadi atlet karate nasional. Ia sempat 12 tahun menjadi juara nasional dan mengikuti berbagai kejuaraan di Asia, Eropa, dan Amerika. Sebelum mengenal dunia film, karate ini memang menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup Advent Bangun.

“Dulu Tuhan saya itu karate dan film. Pagi, siang, sore, malam saya latihan terus. Kalau orang latihan satu jam, saya dua jam. Kalau yang lain latihan dua jam, saya empat jam. Prinsip saya itu dari dulu memang harus selalu nomor satu,” kenang Advent dalam sebuah wawancara dengan Detik pada 2012 lalu.

Karier film laganya sendiri dimulai pada saat Advent membintangi film Rajawali Sakti pada 1976. Karate yang telah membentuk fisik dan tekniknya membuat Advent punya bekal cukup untuk menjadi raja film-film action Indonesia.

Sejak saat itu, tak kurang dari 50 film telah dia perankan dari rentang waktu 1976 hingga 1996.

Beberapa filmnya meledak di pasaran, salah satunya Si Buta Lawan Jaka Sembung (1983), Sunan Gunung Jati (1985), Si Buta Dari Gua Hantu (1985), Petualangan Cinta Nyi Blorong (1986), Pendekar Ksatria (1988) dan terakhir Amrin Membolos (1996).

Film Si Buta dari Gua Hantu menjadi salah satu film terlaris dan muncul kembali dengan berbagai versi, dari sinetron hingga komik.

Tak hanya film layar lebar, aktingnya pun muncul di layar kaca. Pada tahun 90an, wajahnya kerap kali menghiasi televisi melalui beberapa sinetron stripping antara lain Mahkota Majapahit (1993), Kaca Benggala (1993) hingga Singgasana Brama Kumbara (1995).

Sebelum tutup usia, Advent telah mengakhiri karier perfilmannya dan berfokus kepada pelayanan gereja dengan menjadi pendeta. Ia dikenal sebagai pendeta Thomas Bangun.

Kesehatan Advent mulai menurun sejak satu tahun terakhir. Aktor laga ini divonis sakit ginjal dan harus melakukan cuci darah secara rutin. (age)



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here