Home Film Mind-Blown! 7 Film Detektif Ini Bakal Buat Kamu Mikir Keras

Mind-Blown! 7 Film Detektif Ini Bakal Buat Kamu Mikir Keras

7
0
SHARE


Ingatkah film “berat” terakhir yang kamu tonton? Suasana menegangkan selama menonton memang selalu memberi kesan tersendiri bagi para pecinta film-film jenis ini.

Dibumbui dengan cerita yang penuh teka-teki, film dengan sub-genre crime-mystery atau sering juga disebut dengan film detektif terkadang menjadi pilihan dikala bosan menonton film drama-romantis. Selain membuat kita berpikir dan menerka-nerka sepanjang film, tidak sedikit film detektif yang menghadirkan shock twist di akhir film.

Untuk kamu yang suka dengan film-film detektif, 7 film di bawah ini wajib kamu tonton!

1. Se7en (1995)

Se7en bercerita tentang kasus pembunuhan yang dilakukan dengan menggunakan 7 sins (tujuh dosa yang sering dilakukan manusia) sebagai modus operandinya. Detektif Somerset (Morgan Freeman) dan detektif Mills (Brad Pitt) ditugaskan untuk menyelidiki dan mencari sang pelaku pembunuhan.

Somerset yang menunggu waktu pensiunnya harus bekerja untuk terakhir kalinya bersama Mills yang baru mendapat tugas lapangan dan terkesan tidak sabaran. Dalam proses penyelidikan tidak jarang mereka berdua memperdebatkan kasus yang sedang diselidiki.

Film psychological-thriller ini membuat kamu menerka-nerka kasus yang akan terjadi setelahnya, sampai pada plot twist di akhir film yang tidak akan disangka-sangka.

2. Memento (2000)

Leonard Shelby (Guy Pearce) menderita short-term memory lost sehingga membuat ia tidak dapat mengingat pelaku perampokan yang telah membunuh istrinya. Hal yang terakhir ia ingat adalah istrinya yang sedang sekarang di hadapannya.

Semenjak itu, ia berusaha untuk mencari pembunuh istrinya. Ingatannya yang rusak membuat Leonard menggunakan foto, catatan, dan tato di tubuhnya untuk mengingat petunjuk -petunjuk yang sudah didapat untuk mengungkap teka-teki pembunuhnya.

Secara bergantian Memento memiliki latar hitam putih dan berwarna, dengan alur maju-mundur di setiap pergantian adegan. If you are too lazy to think, then you shouldn’t watch it.

3. The Usual Suspect (1995)

The Usual Suspect bercerita tentang 5 kawanan perampok yang mendapat berbagai misi “balas dendam” setelah bebas dari penjara. Mereka pun akhirnya mendapat misi untuk meledakkan kapal bermuatan heroin milik seorang mafia kelas kakap bernama Keyser Soze.

Mau tidak mau mereka harus melakukannya, atau nyawa yang jadi taruhannya. Tidak ada yang tahu bagaimana wujud Keyser Soze. Deskripsi tentang Keyser Soze hanya bisa didapat dari satu-satunya orang yang selamat dari kapal yang hancur itu.

Dialog yang panjang memang membuat film ini terasa membosankan, namun di 45 menit terakhir penuh dengan konflik yang mendebarkan dan tidak bisa dilewatkan.

4. Shutter Island (2010)

Salah satu film yang bisa membuat mind blown jika kamu hanya mencoba mengikuti inti ceritanya. Edward “Teddy” Daniels (Leonardo Di Caprio) seorang detektif pria mendapatkan misi untuk menemukan pasien RSJ bernama Rachel Solando yang hilang di Shutter Island.

Dalam film ini, Teddy sering mengalami déjà vu dan digambarkan memiliki kepribadian ganda. Rasa cinta yang besar sekaligus trauma terhadap sang istri yang meninggal akibat kebakaran, semakin mempersulit usaha Teddy untuk menyelesaikan kasus ini.

Shutter Island adalah tontonan wajib bagi kamu yang menyukai film-film detektif dengan plot twist di dalamnya.

5. Prisoners (2013)

Salah satu komponen penting dalam film-film detektif adalah elemen teka-teki yang meningkat seiring dengan jalannya film menuju klimaks. Film yang disutradai oleh Denis Villeneuve ini memiliki elemen tersebut di dalamnya.

Prisoners bercerita tentang anak perempuan Keller Dover (Hugh Jackman) yang hilang bersama satu temannya pada saat Thanksgiving. Keller meminta bantuan detektif Loki (Jack Gyllenhaal), yang kemudian menangkap Alex Jones (Paul Dano) karena dicurigai sebagai pelaku penculikan.

Dikarenakan kurangnya bukti fisik, Alex pun akhirnya dibebaskan. Film berdurasi 153 menit ini menyajikan ketegangan dari setiap karakter di dalamnya, dan membuatmu bertanya-tanya siapakah sebenarnya penculik anak Keller Dover.

6. Zodiac (2007)

Diambil dari kisah nyata, Zodiac menceritakan pembunuhan berantai di daerah California, Amerika Serikat pada akhir dekade 1960-an dan awal 1970-an yang sampai saat ini belum terungkap. Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) yang bekerja sebagai seorang kartunis tertarik untuk memecahkan kasus pembunuh Zodiac yang selalu meninggalkan pesan rahasia di setiap aksinya.

Dibantu oleh seorang kolumnis berita kriminal, Paul Avery (Robert Downey Jr.) dan Inspektur David Toschi (Mark Ruffalo), Robert mencoba berbagai cara untuk mengungkap identitas pembunuh Zodiac sebenarnya.

7. The Silence of the Lambs (1991)

Film yang dibintangi oleh Anthony Hopkins dan Jodie Foster ini bisa dibilang sebagai film detektif terbaik sepanjang masa yang tidak boleh kamu lewatkan. Silence of the Lambs memenangkan 5 piala oscar, bahkan Anthony Hopkins sendiri mendapat oscar hanya dengan penampilannya yang kurang dari 16 menit, wow!

Silence of the Lambs bercerita tentang seorang agen wanita FBI, Clarice Starling (Jodie Foster) yang mendapat tugas untuk mewawancarai Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins). Hannibal Lecter adalah seorang psikiater yang jenius, namun dikenal juga sebagai seorang pembunuh berantai kanibalistik.

Hannibal dimintai bantuan FBI untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai oleh Buffalo Bill. Hannibal Lecter menjadi salah satu karakter villain ikonik dan menjadikan Silence of the Lambs sebagai film detektif terbaik sepanjang masa.

Itulah 7 film detektif terbaik yang bisa kamu tonton di waktu senggang bersama keluarga, teman, maupun kekasih. Selain terhibur, kamu bakal nambah cerdas juga. Gak akan rugi deh habis nonton film di atas!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here