Home Intermezzo 10 Potret lawas becak yang lalu-lalang di jalanan Jakarta

10 Potret lawas becak yang lalu-lalang di jalanan Jakarta

50
0
SHARE

Brilio.net – Setelah puluhan tahun dilarang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin menghidupkan kembali becak sebagai moda transportasi di Ibu Kota. Anies akan membuatkan rute khusus untuk becak. Ia menyampaikan, becak tidak akan beroperasi di jalanan utama tetapi akan diatur hanya beroperasi di jalanan kampung.

Program ini adalah realisasi dari kontrak politik Anies kepada Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) saat maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Kontrak tersebut berisi lima poin, yaitu perubahan tata ruang perkampungan, legalisasi lahan perkampungan, program hunian terjangkau untuk rakyat miskin, perizinan usaha bagi PKL, dan bantuan alih profesi bagi tukang becak.

Program Anies untuk menghidupkan becak ini menuai pro dan kontra. Ada kalangan yang menilai jika becak bakal menambah kusut jalanan Jakarta. Namun, ada yang berpikiran jika becak bisa menjadi alternatif transportasi lingkungan.

Nah, berikut brilio.net kumpulkan foto-foto lawas becak saat masih lalu-lalang di jalanan Jakarta dari berbagai akun di Pinterest, Selasa (16/1). Kala itu lalu-lintas di Ibu Kota belum sepadat sekarang.

1. Becak mulai masuk ke Jakarta sekitar tahun 1942.

2. Tahun 1970, Gubernur Ali Sadikin mengeluarkan instruksi larangan produksi dan beroperasinya becak di Jakarta.

3. Sekitar tahun 1988, Peraturan Daerah No 11 tentang pelarangan operasi becak dikeluarkan Gubernur Wiyogo Atmodarminto.

4. Gubernur Wiyogo Atmodarminto mendatangkan bajaj, helicak, minicar untuk menggantikan becak.

5. Pada 1998, Gubernur Sutiyoso menyatakan selama krisis ekonomi, becak dibolehkan beroperasi di Ibu Kota.

6. Pada 1999, sekitar 5.000 pengayuh becak demostrasi ke Gedung DPRD DKI Jakarta menuntut Perda No 11/1998 tentang larangan becak beroperasi dicabut.

7. Sejak 2012-2017, Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Joko Widodo, beralih ke Basuki Tjahaja Purnama, kemudian Djarot Saiful Hidayat tetap mengikuti aturan melarang becak beroperasi di Jakarta.

8. Pada 2018, Gubernur Anies Baswedan ingin kembali menghidupkan becak di Jakarta.

9. Anies menyatakan becak akan dibikinkan jalur khusus.

10. Banyak kalangan menilai program menghidupkan becak akan menambah kusut jalanan Jakarta.

(brl/fen)

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here