Home Tech Facebook Tak Keren Lagi | BeritaSatu.com

Facebook Tak Keren Lagi | BeritaSatu.com

46
0
SHARE


Oleh: Nurlis E Meuko / NEF | Selasa, 13 Februari 2018 01:03 WIB

Peningkatan pengguna Facebook kini beralih ke kaum tua, seperti ibu-ibu, bapak-bapak, dan kakek-nenek. Sedangkan anak-anak muda beralih ke Snapchat dan Instagram.

Fakta itu terjadi di Amerika berdasarkan hasil riset EMarketer terbaru yang dipublikasikan Senin (12/2). Alasan kalangan muda beralih ke Snapchat dari Facebook lantaran video yang lebih cepat daripada Instagram milik Facebook.

Laporan tersebut menyoroti masalah Facebook yang bertekat menggaet dan menjaga orang muda, yang telah lama menjadi basis pengguna inti jejaring sosial terbesar di dunia.

Perusahaan riset itu memperkirakan penurunan pertama pengguna Facebook berada dalam kelompok usia 18-24 di AS yang turun 5,8 persen tahun ini.

Dikatakan juga kelompok usia 12-17 di Amerika Serikat menurun 5,6 persen. “Sedangkan kelompok usia di bawah 12 tahun turun 9,3 persen tahun ini,” kata eMarketer.

Laporan eMarketer menambahkan, tren yang sama diperkirakan berlanjut hingga 2019 dan 2020, dengan penurunan di semua segmen pengguna AS di bawah usia 25 tahun.

Facebook akan kehilangan sekitar dua juta pengguna di bawah 25 tahun ini, dengan Snapchat dan Instagram menjadi penerima manfaat utama.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Snapchat menambah 1,9 juta pengguna di bawah 25 di tahun 2018 dan Instagram menambah 1,6 juta. Snapchat disebutkan akan terus menarik pengguna berusia 12 sampai 24 dari Instagram.

Tapi Snapchat akhirnya bisa menghadapi masalah yang sama karena berusaha meningkatkan basis penggunanya dan mencapai semua umur.

“Snapchat pada akhirnya bisa mengalami pertumbuhan lebih banyak pada kelompok usia yang lebih tua, karena merancang ulang platformnya agar lebih mudah digunakan,” kata analis Debitor Ahra Williamson.

“Pertanyaannya adalah apakah pengguna yang lebih muda masih akan menemukan Snapchat yang keren jika lebih banyak orang tua mereka ada di dalamnya. Itulah keadaan Facebook.”

Menurut eMarketer, Facebook tetap menjadi jaringan sosial terpopuler di pasar AS dengan perkiraan 169,5 juta pengguna tahun ini, menurut eMarketer.

Diperkirakan, instagram yang tumbuh lebih cepat akan digunakan oleh 104,7 juta orang Amerika dan Snapchat akan mencapai 86,5 juta pengguna.

Tahun lalu, eMarketer memprediksi Facebook akan melihat penurunan di kalangan pemuda untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Laporan Piper Jaffray tahun lalu menunjukkan Snapchat adalah jejaring sosial pilihan remaja AS, dengan 47 persen menggunakan platform tersebut.

Sumber: AFP



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here