Home Tech Facebook Uji Tombol ‘Downvote’, Fungsinya Tangkal Hoax

Facebook Uji Tombol ‘Downvote’, Fungsinya Tangkal Hoax

39
0
SHARE


VIVA – Media sosial Facebook sedang menguji sebuah tombol baru “downvote”, untuk melaporkan komentar yang tak pantas, seperti kata-kata berbau menyerang, menyesatkan, tidak sesuai topik, dan penyebaran berita palsu atau hoax.

Sebetulnya, fitur untuk melaporkan serta menyembunyikan komentar tidak pantas sudah ada di Facebook. Hanya saja, letaknya masih tersembunyi. Dengan adanya tombol downvote, pengguna dapat melaporkan komentar miring dengan lebih mudah.

Meski begitu, Facebook menolak bahwa fitur baru itu adalah tombol “dislike” (tidak suka). Tombol “downvote” sedang diujicoba oleh sejumlah kecil pengguna Facebook Android di Amerika Serikat.

Mengutip situs BBC, Sabtu, 10 Februari 2018, Facebook juga mengumumkan sejumlah langkah lain yang bertujuan untuk memperbaiki sistem dan komunitas mereka.

“Kami sedang mengeksplorasi dan mengujicoba sebuah fitur, sehingga orang-orang dapat memberikan kami umpan balik mengenai komentar-komentar di halaman publik,” demikian bunyi keterangan resmi Facebook.

Saat tombol “downvote” Facebook di-klik, komentar yang terpilih disembunyikan. Orang-orang kemudian dapat memutuskan apakah akan menandai tulisan tersebut “menyinggung”, “menyesatkan” atau “di luar topik”.

Analis Teknologi dari CCS Insight, Martin Garner mengatakan, tombol itu sepertinya adalah bagian dari keberlanjutan usaha Facebook untuk menghilangkan labelnya sebagai ‘perusahaan penerbit.’

“Sangat jelas bahwa Mark Zuckerberg tidak ingin Facebook memiliki tanggung jawab mengidentifikasi tulisan mana yang menyinggung atau menyesatkan. Karena itu akan memposisikan Facebook sebagai ‘perusahaan penerbit’ bukan sebuah platform,” kata Garner.

Atas pernyataan tersebut, Facebook mengalami penurunan penggguna aktif hingga menembus angka 700 ribu. Penurunan ini tercatat sebagai yang paling signifikan sepanjang sejarah.

Situs sosial lainnya, Reddit, juga memiliki opsi “downvote” yang mengurangi visibilitas tulisan yang tidak populer. Namun, hal itu ternyata tidak berpengaruh, baik visibilitas tulisan maupun popularitas Reddit itu sendiri.



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here