Home Tech Jepang Kembangkan Mobil Transformer Seharga Rp 1 Miliar

Jepang Kembangkan Mobil Transformer Seharga Rp 1 Miliar

102
0
SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Mobil transformer atau mobil yang bisa berubah menjadi robot ternyata bukan hanya ada dalam film. Terbaru, sebuah mobil elektrik yang bisa berubah menjadi robot dikembangkan di Jepang.

Mobil konsep ini tengah dipersiapkan untuk mendapatkan persetujuan agar bisa beroperasi di jalanan. Sebagaimana dikutip Daily Mail, Sabtu (30/12/2017), kini mobil transformer tersebut juga mulai dijual kepada publik seharga US$ 70.000 (setara Rp 1 miliar).

Mobil transformer ini memiliki nama Earth-1 dan bukan terinspirasi dari serial kartun dan film Transformer, melainkan dari anime Jepang berjudul Mobile Suit Gundam, mengenai robot yang bisa berubah bentuk.

Desain Earth-1 digarap oleh seorang kartunis bernama Kunio Okawara dan dikembangkan oleh startup bermarkas di Tokyo, Four Link Systems.

Meski belum mendapatkan persetujuan untuk beroperasi di jalan, Four Link Systems telah menerima beberapa pesanan yang datang dari Jepang dan luar negeri. Salah satunya bermaksud menjadikan Earth-1 sebagai kendaraan ride-sharing.

Earth-1 sendiri memiliki bodi kompak dan memungkinkannya untuk berubah bentuk, mirip dengan bentuk kokpit pada robot gundam di anime Mobile Suit Gundam. Sementara, mobil ini digerakkan dengan roda kemudi dan pengguna bisa mengubah mobil dengan sebuah joystik.

Four Link Systems mengatakan, lantaran tak bisa berkompetisi dengan pembesut mobil lain dari segi performa, biaya, atau merek, engineer Earth-1 fokus pada desainnya yang berbeda dari kendaraan lainnya.

Dengan bantuan dari desainer gundam, tim engineer mengembangkan kendaraan mirip robot yang mampu berjalan di jalan umum.

“Seiring dengan dikembangkannya mobil ini, kami menyadari ada sebuah mimpi yang pernah diimpikan oleh semua orang,” kata pihak Four Link Systems mengenai bentuk unik mobil berubah tersebut.

“Kalau dilihat dari sisi langkanya, Earth-1 mengalahkan Lexus,” tutur perusahaan.

(Tin/Ysl)

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here