Home Tech Kamera LG V30 vs Samsung Galaxy S8! Di Kondisi Minim Cahaya, Mana...

Kamera LG V30 vs Samsung Galaxy S8! Di Kondisi Minim Cahaya, Mana Yang Jadi Juara?

109
0
SHARE
https://techno.okezone.com/

Beberapa waktu lalu, LG mengumumkan smartphone terbarunya di segmen premium. Smartphone yang berada di seri V ini menjadi penerus dari generasi sebelumnya (V20) yang dinamakan V30.

Sebelum diperkenalkan, LG V30 sempat mengundang perhatian karena dikabarkan akan mengusung kamera berbukaan f/1,6 yang mana menjadi yang paling besar di antara smartphone premium lainnya.

Setelah diumumakan LG, seorang kontributor Forbes, Ben Sin, sempat menguji kamera V30 dan membandingkannya dengan kamera Galaxy S8 milik Samsung. Lantas seperti apa perbedaannya?

Ben menguji kedua kamera dalam kondisi minim cahaya. Ia juga turut mengunggah hasil bidikan masing-masing kamera dengan urutan LG V30 di samping kiri, dan Samsung Galaxy S8 berada di samping kanan. Semua foto yang dibuat menggunakan mode auto di masing-masing kamera smartphone.

Objek pertama yang dibidik oleh Ben ialah sebuah bangunan di malam hari. Saat dilihat secara normal, dedaunan di foto V30 tampak lebih tajam dibanding Galaxy S8. Kemudian saat diperbesar (zoom) detail pada V30 masih terlihat cukup tajam. Selain itu dynamic range dan juga akurasi warnanya pun tampak lebih baik.

Hasil 1
Hasil 1

Hal serupa, juga terjadi saat memotret sebuah mural. Hasil foto dari dari Galaxy S8 terlihat kurang menampilkan kecerahan warna dan sedikit kurang tajam dibandingkan V30.

Objek selanjutnya ialah katedral di kota Berlin, Jerman. Kedua kamera mengambil bangunan tersebut melalui pembesaran digital (zoom) saat hari mulai gelap. Hasilnya ialah kedua smartphone ini menampilkan kualitas gambar yang sama.

Hasil 2
Hasil 2

Dari foto yang diunggah Ben, tampak bahwa ketajaman foto keduanya masih cukup baik meski telah di-zoom. Hanya saja soal pencahayaan, Galaxy S8 masih harus mengakui V30. Terlihat bahwa jembatan yang ada di depan katedral dan detail bangunan sedikit redup.

Selain itu, keduanya juga menampilkan perbedaan pada white balance. Hasil foto dari V30 tampak memiliki nuansa keunguan, sedangkan Galaxy S8 cenderung berwarna kuning.

Meski demikian untuk soal kamera, masing-masing pengguna memiliki selera masing-masing. Sebagai informasi, Galaxy S8 memiliki sensor berketajaman 12 megapiksel dan bukaan f/1.7. Sedangkan LG V30 memiliki kamera 16 megapiksel dengan bukaan f/1.6.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here