Home Tech Logitech MeetUp, Ketika Jarak Jauh Tak Jadi Masalah

Logitech MeetUp, Ketika Jarak Jauh Tak Jadi Masalah

65
0
SHARE


VIVA – Teknologi seakan menjadi jawaban atas keinginan mempermudah kegiatan sehari-hari. Orang-orang mulai mencari sesuatu yang baru atau mengembangkan teknologi lama yang seakan-akan baru ditemukan.

Salah satunya yang dilakukan perusahaan produsen aksesori komputer, Logitech, di mana mereka mengeluarkan conference camera atau kamera konferensi terbaru bernama Logitech MeetUp.

Country Manager Logitech, Ismail Maksum, mengatakan, dahulu kamera konferensi ini menggunakan tenaga IT khusus karena sulit untuk menggunakannya sendiri dan juga harganya mahal.

“Dulu itu (conference cam) hardware base, tapi sekarang software based,” kata dia kepada VIVA, Rabu, 14 Februari 2018.

Selain itu, perubahan dari biasanya mengirim orang ke luar kantor untuk rapat tapi sekarang bisa diminimalisasi atau tidak ada sama sekali dengan adanya kamera tersebut.

Kehadiran conference cam, diakui Ismail, memang membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk bepergian ke luar kota hanya untuk rapat. Dengan sebuah kamera, mereka sudah bisa rapat dengan orang yang berada jauh dari lokasi mereka.

Dengan begitu, pengeluaran perusahaan bisa lebih hemat. Namun, penolakan atas hal itu juga pernah terjadi. Terdapat orang-orang yang merasa dirugikan tidak ke luar kantor juga, seperti melihat perjalanan ke luar kantor atau dinas sebagai mendapatkan uang tambahan.

Ismail mengatakan bahwa dahulu penolakan terhadap kamera konferensi ini memang ada dan jumlahnya tidak sedikit. Namun, seiring berjalannya waktu, ia jarang melihatnya lagi, karena menurutnya perubahan teknologi itu juga menuntut orang-orang juga berubah.

“Kalau dulu mungkin iya. Kalau sekarang sedikit mungkin enggak ada. Teknologi sudah berkembang mereka juga tahu itu. Mau enggak mau enggak bisa dipungkiri lagi,” ungkapnya.

Conference Cam Soft Remote

Logitech MeetUp ini bisa memenuhi kebutuhan itu. Hanya dengan pemakaian simpel dengan fitur USB plug and play. Produk ini didesain untuk digunakan di ruang meeting sedang yang bisa menampung 6 sampai 8 orang.

Produk ini menggunakan wide kamera mencapai 120 derajat, bisa memperlihatkan semua orang di ruangan tersebut. Kamera tersebut juga bisa digerakkan ke kanan dan ke kiri sejauh 25 derajat.

Sedangkan pada audio, Logitech menyematkan tiga mikrofon sekaligus di dalam produknya. “Ke depan, conference cam dibutuhkan yang mudah dipasang dan biaya pemeliharaan yang tidak mahal,” tutur Logitech SEA Video Collaboration Team Lead, Bryan Lee.

Bryan menambahkan, optik ultraHD 4K digunakan pada produk ini. Untuk menggunakannya, kamera ini sudah bisa digunakan di hampir seluruh aplikasi konferensi video seperti Skype, Cisco, dan Zoom.

Logitech juga membuat remote camera bisa digunakan pada smartphone penggunanya lewat aplikasi bernama Conference Cam Soft Remote. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Play dan Apple App.

Produk ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp16,5 juta. Jika ingin menggunakan mikrofon tambahan bisa membeli dengan harga Rp4 juta. Produk-produk ini bisa dibeli di beberapa perusahaan yaitu PT Surya Candra, Datascrip, dan Tixpro.



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here