Home Tech News (Teknologi) | Inilah Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro

News (Teknologi) | Inilah Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro

87
0
SHARE


Metrotvnews.com: Huawei baru saja meluncurkan Mate 10 dan Mate 10 Pro. Keduanya telah menggunakan prosesor Kirin 970 octa-core dengan dua kamera belakang. Kedua ponsel baru Huawei ini memiliki bodi berlapis kaca di bagian depan dan belakang, membuatnya terlihat elegan.

Mate 10 Pro memiliki layar 6 inci, sedikit lebih besar dari Mate 10 yang memiliki layar 5,9 inci. Menariknya, Mate 10 Pro punya bezel yang lebih tipis pada sisi-sisinya.

Huawei memperkirakan, meski memiliki layar 6 inci, Mate 10 Pro memiliki bodi layaknya smartphone 5,5 inci yang diluncurkan tahun lalu. Itu artinya, ia seharusnya cukup nyaman untuk digenggam, lapor CNET.

Huawei berhasil membuat smartphone dengan bezel yang tipis dengan menghilangkan tombol Home di bagian depan dan memindahkan pemindai sidik jari ke belakang, di bawah kamera. Satu hal yang membedakan Mate 10 dengan versi Pro adalah karena ia masih dilengkapi dengan tombol Home dan memiliki pemindai sidik jari di bawah layar.

Mate 10 Pro memiliki layar dengan resolusi 2.160 x 1.080. Menariknya, layar Mate 10 memiliki resolusi lebih tinggi, yaitu 2560 x 1440, tapi kemungkinan, mata manusia tidak akan bisa membedakan antara keduanya. Keduanya sudah mendukung HDR.

Huawei Mate 10 Pro. (AFP PHOTO / Christof STACHE)

Perusahaan asal Tiongkok ini meniru Apple dan mengganti bodi ponsel dari metal ke kaca. Namun, Apple menggunakan kaca agar mereka bisa melengkapi iPhone terbaru dengan fitur wireless charging. Lain halnya dengan Huawei yang mengambil keputusan ini hanya untuk membuat ponselnya terlihat lebih cantik. Baik Mate 10 ataupun Mate 10 Pro tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging.

Mate 10 masih memiliki port audio, tapi fitur ini tidak akan Anda temukan pada Mate 10. Itu artinya, Anda harus menggunakan headphone Bluetooth atau headphone yang dilengkapi dengan port USB-C. Mate 10 Pro sudah memiliki sertifikasi IP67, membuatnya dapat dimasukkan ke dalam air hingga ke dalaman 1 meter selama maksimal 30 menit.

Sayangnya, Mate 10 tidak memiliki fitur anti-air. Huawei menyebutkan, alasan mereka tidak melengkapi Mate 10 dengan sertifikasi IP67 adalah karena ia memiliki headphone jack. Samsung berhasil membuat Galaxy S8 dan juga Galaxy Note 8 tahan air meski keduanya masih memiliki headphone jack.

Huawei Mate 10. (AFP PHOTO / Christof STACHE)

Huawei berkata, prosesor Kirin 970 buatannya begitu cepat sehingga kedua ponsel Mate 10 dapat Anda gunakan untuk memainkan game apapun di Play Store. Selain itu, keduanya juga disebutkan akan dapat digunakan untuk mengedit gambar tanpa masalah.

Kirin 970 dilengkapi dengan apa yang Huawei sebut Neural Processing Unit (NPU), yang berfungsi untuk meningkatkan performa kecerdasan buatan (AI). Keuntungan utama dari penggunaan NPU, menurut Huawei, adalah baterai yang dapat bertahan lebih lama dan hasil foto yang lebih baik. Ponsel buatan Huawei dapat mengidentifikasi gambar berdasarkan kategori yang berbeda, seperti manusia atau panggung pentas dan menyesuaikan pengaturan kamera sebelum gambar diambil.

Huawei melengkapi dua ponsel barunya dengan dua kamera ganda, sama seperti Huawei P10. Dua kamera pada kedua ponsel Mate terdiri dari sensor 12MP yang dapat mengambil gambar berwarna dan sensor 20MP yang akan mengambil gambar hitam-putih.

Mate 10 memiliki RAM 4GB dengan memori internal 64GB sementara Pro memiliki RAM 6GB dan memori 128GB. Belum diketahui apakah keduanya akan dilengkapi dengan slot microSD. Sejauh ini, gambar yang dihasilkan kamera ganda P10 terlihat sangat baik. Huawei menghargai Mate 10 AUD899 (Rp9,5 juta) sementara versi Pro dihargai AUD1,099 (Rp11,6 juta).

(MMI)



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here