Home Tech Redmi 5A, Ponsel Murah dengan Spesifikasi Melebihi Harganya

Redmi 5A, Ponsel Murah dengan Spesifikasi Melebihi Harganya

86
0
SHARE

Jakarta – Di penghujung tahun 2017, Xiaomi memberi kejutan besar untuk para Mi Fans di Indonesia. Perangkat terbarunya di kelas entry-level, Redmi 5A, dipasarkan hanya seharga Rp 999.000. Redmi 5A meneruskan tradisi perangkat Xiaomi sebelumnya yang selalu dijual dengan harga lebih murah dibandingkan para kompetitor.

Meskipun murah, spesifikasi yang dibawa Redmi 5A tidaklah murahan, bahkan bisa diadu dengan ponsel pintar di kelas Rp 1,5 juta ke atas. Beritasatu.com sempat melakukan pengetesan Redmi 5A selama beberapa hari. Berikut ini hasil review kami.

Desain dan Layar
Redmi 5A memiliki ukuran layar HD 5 inci dengan resolusi 1.280 x 1.080 piksel. Hadir dengan konsep unibody, perangkat ini didesain menggunakan material polycarbonate dengan finishing metal dan frame berbahan aluminium, membuatnya tidak seperti ponsel murah. Dengan bobot hanya 137 gram, Redmi 5A cukup nyaman saat digenggam.

Untuk tombol navigasi masih berada di bezel bagian bawah. Sementara di bazel atas terdapat speaker telepon dan sensor kamera depan. Seperti kebanyakan ponsel lainnya, tombol power dan volume up/down juga diletakkan sejajar di sisi kanan untuk memudahkan pengambilan screenshoot. Di sisi kiri terdapat slot SIMCard dan MicroSD. Ponsel ini juga mendukung penggunaan dua SIM Card 4G ukuran nano secara bersamaan dan microSD card hingga 128GB.

Di sisi atasnya ada port audio 3,5 mm, sementara pada bagian bawahnya terdapat slot MicroUSB. Beralih ke sisi belakang, pada bagian atasnya terdapat kamera utama yang sejajar dengan LED Flash. Speaker diletakkan di bagian bawah, memberi sedikit aksen pada tampilan belakang Redmi 5A, sehingga tidak tampak polos. Namun jangan berharap ada sensor fingerprint pada bagian belakang. Maklum saja karena harganya juga sangat terjangkau.

Dapur Pacu
Redmi 5A didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 425 quad-core yang umumnya terdapat di ponsel kelas menengah. Prosesor tersebut juga didukung dengan kapasitas penyimpanan internal 2GB RAM + 16GB. Saat diukur kemampuannya menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, skor yang didapatkan Redmi 5A mencapai 36.745 poin.

Redmi 5A juga merupakan smartphone produksi lokal pertama di Indonesia yang sudah menjalankan MIUI 9, versi terbaru dari sistem operasi berbasis Android v7.1.2 besutan Xiaomi. Ada beberapa fitur menarik yang bisa dicoba, seperti split screen yang memungkinkan pengguna untuk melihat dua aplikasi di saat yang sama. Ada juga fitur smart photo editing yang dapat digunakan untuk mengeluarkan objek yang tidak diinginkan dalam foto secara instan.

Redmi 5A juga dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh. Saat digunakan dengan pemakaian normal untuk aktivitas sehari-hari seperti email, chat, browsing, foto, dan telepon, baterainya bisa bertahan dari pagi hingga malam hari. Bila dipakai untuk bermain gim, bisa bertahan sampai 6 jam. Kekurangannya, waktu pegisian daya baterai ponsel ini cukup lama dikarenakan belum dibekali fitur fast charging. Dalam waktu 1 jam pengisian, daya baterai yang terisi hanya sekitar 37%.

Kamera
Redmi 5A dilengkapi dengan kamera utama 13MP dan Phase Detection Autofocus (PDAF) untuk mempercepat waktu fokus dan bukaan f/2.2. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5MP dengan bukaan f/2.0 yang hadir dengan mode Beautify.

Meskipun tergolong standar, kamera yang dimiliki Redmi 5A bisa dikatakan yang terbaik di kelas ponsel entry-level. Saat dilakukan pengetesan, gambar yang dihasilkan juga cukup detail, baik untuk foto makro, foto di dalam maupun di luar ruangan. Untuk kamera utamanya juga memiliki beberapa mode yang cukup lengkap, seperti panorama, timer, manual, pelurus, percantik, foto malam, dan masih banyak lagi. Berikut hasil foto menggunakan kamera belakang Redmi 5A :

Hasil foto Xiaomi Redmi 5A

Hasil foto Xiaomi Redmi 5A

Terbaik di Kelasnya
Klaim Xiaomi yang mengatakan kalau Redmi 5A merupakan ponsel pintar terbaik di kelasnya memang tidak berlebihan. Spesifikasi yang dimiliki lebih tinggi dibandingkan Samsung J2 Prime dan Oppo A37 yang dikenal sebagai ponsel paling laris di kelas entry-level.

Sebagai pembanding, Samsung J2 Prime menggunakan prosesor MediaTek MT6737T, RAM 1,5GB, ROM 8GB, kapasitas baterai 2.600mAh, sistem operasi Android v6.0.1 (Marshmallow), dan kamera utama 8MP. Ponsel ini dibanderol Rp 1.699.000. Sedangkan Oppo A37, prosesornya menggunakan Snapdragon 410, RAM 2GB, ROM 16GB, kapasitas baterai 2.630mAh, sistem operasi Android v5.1.1 (Lollipop), dan kamera utama 8MP. Harganya Rp 1.999.000.

Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 5A

Dimensi : 140 × 70.1 × 8.35mm

Berat : 137 gram

Layar : 5 inci full HD

Kamera depan : 5MP, Aperture f/2.0, Smart and pro beautify

Kamera belakang : 13MP, aperture /2.2, Lensa 5 eleven, PDAF

Prosesor : Qualcomm Snapdragon 425 (Quad-core, maks 1.4GHz)

Kapasitas Penyimpanan internal : 2GB RAM + 16GB. Penyimpanan MicroSD dapat di-upgrade hingga 128GB, Kartu SIM dual nano

Kapasitas baterai : 3000mAh

Pilihan warna : dark grey, gold dan rose gold

Sumber: BeritaSatu.com

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here