Home Viral Cara Siswa SMAM 9 Surabaya Tingkatkan Minat Baca, Buat Perpustakaan Mini Model...

Cara Siswa SMAM 9 Surabaya Tingkatkan Minat Baca, Buat Perpustakaan Mini Model beginian

84
0
SHARE


SURYA.co.id| SURABAYA – Ruang kelas di empat lantai bangunan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, Kamis (8/2/2018) terlihat beda. Para siswa sedang sibuk mendesain kelasnya hingga tampak perpustakaan mini dan majalah dinding (mading) yang menarik.

Mengusung konsep Hari Pers, setiap kelas menonjolkan tema dan desain yang berbeda. Seperti di kelas XII IPS 2 yang berada di lantai 3. Terlihat beberapanl siswa sibuk mengambil pose dari photobooth berbentuk bingkai instagram yang mereka buat. Sebagian lagi memasang hiasan pada rak di belakang kelas.

Dwi Cahyani (17), perwakilan kelas mengungkapkan teman-temannya sengaja mengumpulkan barang bekas untuk mendesain kelas. Mulai dari kardus bekas hingga kertas buffalo bekas tugas mereka sehari-hari.

“Semua kami pakai bahan yang sudah ada. Jadi bisa ramah lingkungan juga,”ujarnya ketika ditemui SURYA.co.id, Kamis (8/2/2018).

Meskipun tidak dilombakan, para siswa terlihat antusias. Apalagi mereka bisa mempelajari di luar materi pelajaran kelas.

“Kami ambil temanya sejarah Pers. Jadi materi di mading tentang itu. Kami juga buat video sebagai visual di mading. Video berisi ringkasan sejarah Pers dan kami tambahi animasi. Kami putar di handphone salah satu teman kami,dan diputar saat jam istirahat,”paparnya.

Pemandangan berbeda terlihat di kelas yang berada di lantai 2, yaitu kelas XI IPA. Mereka memilih membuat perpustakaan mini dengan desain rumah-rumahan. Kemudian mereka membuat papan permainan untuk memilih angka.

Dari angka tersebut, para siswa bisa mengambil bacaan sesuai dengan kotak angka yang dibuat seperti kamera polaroid.

Abraham Adi Mukti (16), perwakilan kelas mengungkapkan untuk membuat ini teman-temannya banyak membaca sesuai tema. Yaitu segala hal tentang media, mulai dari media sosial, berita viral hingga perkembangan media.

“Untuk materi ada timnya sendiri uang memilih untuk dijadikan bacaan semua teman. Ada juga tim yang bagian membuat permainan dan rak. Semua dikerjakan 30 anak,”lanjutnya.

Mationo, kepala SMAM 9 Surabaya mengungkapkan sejak awal pihak sekolah telaj mengembangkan budaya literasi. Agar tidak hanya membaca dan merangkum, para siswa diajak membuat karya di kelasnya.

“Ide perpustakaan kelas dan mading dimunculkan untuk memantapkan siswa. Hasil karya siswa ini juga masuk penilaian Bahasa Indonesia,”pungkasnya.



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here